Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terdiri dari empat aspek, yaitu Sikap (S), Keterampilan Umum (KU), Keterampilan Khusus (KK), dan Pengetahuan (P). CPL ini dibuat dengan merujuk pada Permendikbudristek No.53 tahun 2023, yaitu dengan memperhatikan:
- Visi dan misi UNPAR, visi dan misi FKIP UNPAR, serta visi dan misi program studi Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris UNPAR;
- Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6;
- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, serta keterampilan abad 21;
- Kebutuhan kompetensi kerja dari dunia kerja;
- Ranah keilmuan program studi dari Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI);
- Kompetensi utama lulusan program studi; dan
- Kurikulum program studi sejenis.
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Pendidikan Bahasa Inggris diuraikan pada tabel berikut ini.
Kode | No | Capaian Pembelajaran Lulusan |
---|---|---|
Sikap (S) | 1 | Mampu mengamalkan spiritualitas dan nilai dasar Universitas Katolik Parahyangan (SINDU), iman kepada Tuhan, dan kesetiaan pada Pancasila. (S1) |
2 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan kelompok. (S2) | |
Kompetensi Umum (KU) | 1 | Mampu mengomunikasikan gagasan-gagasan secara sistematis dan kreatif serta berkinerja baik secara mandiri maupun interdisiplin. (KU1) |
2 | Mampu mengevaluasi karya ilmu pengetahuan dan seni secara interdisipliner berdasarkan kebenaran (verum), kebaikan (bonum), dan keindahan (pulchrum). (KU2) | |
3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah ilmiah, serta mengelola pembelajaran mandiri, berkomunikasi efektif, dan mengambil keputusan jujur dalam konteks pekerjaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dengan memperhatikan nilai kemanusiaan dan etika ilmiah. (KU3) | |
Kompetensi Khusus (KK) | 1 | Mampu menerapkan konsep, teori, dan metode yang inovatif melalui proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) (KK1) |
2 | Mampu menunjukan kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam mengaplikasikan konsep, metode, dan teknik penelitian dalam ranah pendidikan, ilmu linguistik,dan pengajaran di bidang Bahasa Inggris untuk menyelesaikan fenomena pendidikan sehingga mampu menggunakan hasil penelitian berbasis data untuk mengambil suatu keputusan strategis. (KK2) | |
3 | Mampu merancang kegiatan bisnis yang menyangkut bidang pendidikan Bahasa Inggris, keterampilan berbahasa, dan kebutuhan komunikasi publik berdasarkan teori dasar kewirausahaan.(KK3) | |
Pengetahuan (P) | 1 | Menguasai desain pembelajaran Bahasa Inggris yang meliputi kurikulum, media pembelajaran, metodologi pembelajaran, asesmen dan pengembangan materi pembelajaran (P1) |
2 | Mampu menunjukkan keterampilan menggunakan konsep dan teori Bahasa Inggris melalui proses pembelajaran ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan pedagogi secara kritis dan reflektif (P2) | |
3 | Menguasai penerapan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan prinsip-prinsip pengajaran yang efektif (P3) | |
4 | Memiliki pemahaman mendalam tentang metodologi penelitian, ilmu linguistik, dan pengajaran di bidang Bahasa Inggris sehingga mampu merancang penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan Bahasa Inggris dengan penggunaan data yang relevan.(P4) | |
5 | Menguasai teori dasar kewirausahaan untuk menganalisis kebutuhan pasar yang menyangkut bidang pendidikan, keterampilan berbahasa, dan kebutuhan komunikasi publik. (P5) |