Anda berada di halaman:

You’re reading:

Sarjana Pendidikan Matematika

Gelar Lulusan

S.Pd. (Sarjana Pendidikan)

Akreditasi

Baik Sekali

Ketua Program

Melania Eva Wulanningtyas, S.Pd., M.Pd.

Durasi Studi

8 Semester

Tentang Program Studi

Program studi Pendidikan Matematika adalah program studi yang mempelajari ilmu matematika dan penerapannya dalam konteks pendidikan dan pengajaran. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Parahyangan diharapkan memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang mendalam mengenai aspek teoritis, praktis, dan pedagogik ilmu matematika. Setelah mempelajari berbagai aspek tersebut, mahasiswa akan mengembangkan berbagai kemampuan, seperti berikut:

  1. Kemampuan Pedagogik: Menerapkan ilmu kependidikan yang tepat dan benar untuk mengajarkan ilmu matematika secara seru, interaktif, dan inovatif di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Kemampuan Matematis: Menggunakan konsep dan metode matematika sebagai alat utama untuk menganalisis dan menjelaskan berbagai permasalahan matematis.
  3. Kemampuan Komputasi: Memanfaatkan teknologi dan perangkat lunak untuk memodelkan serta memecahkan masalah matematika.
  4. Kemampuan Berkomunikasi: Menyampaikan pembelajaran, ide, dan hasil penelitian secara efektif, baik lisan maupun tulisan.

Berdasarkan kemampuan yang dimiliki, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika diharapkan dapat berkontribusi dalam bidang pendidikan matematika maupun di berbagai bidang lain yang memerlukan keterampilan analitis dan pemecahan masalah tingkat tinggi.

Fokus Program Studi

Fokus dari pengajaran, penelitian, dan pengabdian di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Parahyangan meliputi:

  1. Pengajaran Matematika dengan pendekatan LABIRIN (PembeLAjaran BerbasIs seRu, Interaktif, dan uNik): menyelenggarakan pembelajaran matematika yang seru, interaktif, dan unik melalui pendekatan kreatif untuk meningkatkan pemahaman minat belajar siswa.
  2. Penerapan Ilmu Matematika dalam Konteks Praktis: mengintegrasikan prinsip-prinsip matematika dalam berbagai aplikasi praktis yang dapat langsung diterapkan secara mendalam dalam pengajaran dan teknologi pendidikan.
  3. Pendidikan Guru Olimpiade Matematika: mempersiapkan guru matematika yang kompeten dalam merancang, menyelesaikan, dan mengajarkan soal-soal olimpiade matematika di tingkat nasional maupun internasional.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi komunitas akademik humanum dalam bidang Pendidikan Matematika yang mengembangkan potensi lokal hingga ke tataran global demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan.

Misi
  1. Menyelenggarakan pembelajaran berkualitas yang humanum berbasis seru, interaktif, dan unik dalam bidang Pendidikan Matematika.
  2. Mengembangkan penelitian berkualitas untuk memecahkan masalah Pendidikan Matematika.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Matematika demi mengembangkan potensi lokal hingga ke tataran global.

Tujuan

Berkaitan dengan pengajaran, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNPAR dibimbing untuk menguasai kemampuan teknologi, literasi, dan kemampuan berpikir kritis tanpa meninggalkan nilai spiritualitas dan nilai dasar UNPAR. Lulusan dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNPAR akan menjadi pendidik yang memiliki nilai-nilai dasar UNPAR dan mampu mengaktualisasikan diri sebagai seorang pendidik untuk tingkat dasar dan menengah.

Sasaran

Selama proses pembelajaran, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika akan mengembangkan berbagai kemampuan, sebagai berikut:

  1. Kemampuan Pedagogik: menerapkan ilmu kependidikan yang tepat dan akurat untuk mengajarkan matematika secara seru, interaktif, dan unik di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Kemampuan Matematis: menggunakan konsep dan metode matematika sebagai alat utama untuk menjelaskan berbagai konsep dan permasalahan matematika.
  3. Kemampuan Komputasi: memanfaatkan teknologi dan perangkat lunak untuk memodelkan serta memecahkan masalah matematika.
  4. Kemampuan Berkomunikasi: menyampaikan materi pembelajaran, ide, dan hasil penelitian secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika UNPAR memiliki peluang karir yang luas dan beragam di berbagai bidang. Dengan kombinasi pemahaman mendalam tentang konsep matematika, keterampilan pedagogik, dan kemampuan menggunakan teknologi, lulusan program ini dibekali kompetensi untuk beradaptasi di dunia kerja yang terus berkembang. Tidak hanya berperan sebagai pendidik, mereka juga mampu berkontribusi di berbagai sektor yang memerlukan kemampuan analitis, pemecahan masalah, dan komunikasi yang efektif.

Berikut adalah beberapa prospek karir yang dapat ditekuni oleh lulusan Program Studi Pendidikan Matematika:

  1. Guru Matematika di Jenjang Pendidikan Menengah dengan Pendekatan LABIRIN.
  2. Pelatih Olimpiade Matematika di Tingkat SMA, baik Nasional dan Internasional.
  3. Peneliti di Bidang Pendidikan Matematika.
  4. Wirausahawan di Bidang Pendidikan Matematika.

Sarjana Pendidikan Matematika

Ingin tahu lebih lanjut tentang kegiatan Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika? Ikuti sosial media kami dan temukan informasi yang Anda butuhkan di laman resmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Parahyangan.

Notable Alumni

Sherly Ayu Saputri

Sherly Ayu Saputri

Penerima Beasiswa LPDP Ke Inggris

Livia Paut

Livia Paut

Dosen Universitas Karyadarma & Institut Agama Kristen Negeri Kupang

John Henry Taufi

John Henry Taufi

Wakasek Bidang Pengembangan Guru SMA-SMP Pahoa

Falentino Sampaow

Falentino Sampaow

Dosen

Sarjana Pendidikan Matematika

Ingin tahu lebih lanjut tentang kegiatan Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika? Ikuti sosial media kami dan temukan informasi yang Anda butuhkan di laman resmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Parahyangan.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Bergabunglah bersama Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Katolik Parahyangan dan jadilah jawaban dunia masa depan #disinisekarang

teknik industri unpar