Graduate Learning Outcomes (CPL) Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Program Sarjana UNPAR terdiri atas empat aspek, yakni Sikap (S), Keterampilan Umum (KU), Keterampilan Khusus (KK), dan Pengetahuan (P). CPL ini dibuat dengan merujuk pada Permendikbudristek No. 53 tahun 2023:

Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan
NO. | CODE | GRADUATE LEARNING OUTCOMES |
---|---|---|
1 | S1 | Mampu mengamalkan spiritualitas dan nilai dasar Universitas Katolik Parahyangan (SINDU), iman kepada Tuhan, dan kesetiaan pada Pancasila; |
2 | S2 | Menerapkan semangat kemandirian, kejuangan, kewirausahaan, secara bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan kelompok |
3 | KU1 | Mampu mengkomunikasikan gagasan-gagasan secara sistematis dan kreatif serta berkinerja baik secara mandiri maupun interdisiplin; |
4 | KU2 | Mampu mengevaluasi karya ilmu pengetahuan dan seni secara interdisipliner berdasarkan kebenaran (verum), kebaikan (bonum), dan keindahan (pulchrum); |
5 | KU3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah ilmiah, serta mengelola pembelajaran mandiri, berkomunikasi efektif, dan mengambil keputusan jujur dalam konteks pekerjaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dengan memperhatikan nilai kemanusiaan dan etika ilmiah. |
6 | KK1 | Mampu mengaplikasikan konsep, prinsip didaktik-pedagogik, dan keilmuan pada bidang Pendidikan Teknik Informatika & Komputer untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran inovatif dan kreatif serta melakukan evaluasi dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills). |
7 | KK2 | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya dengan penuh keterbukaan, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan Teknik Informatika & Komputer dengan penuh integritas dan menghargai kebhinekaan. |
8 | KK3 | Mampu berkomunikasi, bekerjasama, dan berkolaborasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat. |
9 | KK4 | Mampu menyelesaikan masalah-masalah pendidikan di bidang Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. |
10 | KK5 | Mampu merencanakan dan melaksanakan kegiatan wirausaha di bidang Pendidikan Teknik Informatika & Komputer dengan mengaplikasikan pengetahuan kewirausahaan. |
11 | P1 | Mampu memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dasar dan prinsip-prinsip Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, teori dan praktik, pemrograman, sistem operasi, sistem informasi, desain interaksi, manajemen data dan basis data, teknologi pendidikan dan e-learning, etika profesional dan isu sosial dalam Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, serta metodologi penelitian dan pengajaran di bidang Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. |
12 | P2 | Mampu merancang penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan Teknik Informatika & Komputer, dan menguasai komponen-komponen yang digunakan dalam menganalisis pengambilan keputusan strategis berdasar informasi data yang relevan; |
13 | P3 | Mampu memahami konsep komputasi dan logika, yang diawali dengan pemahaman prosedural/komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, berpikir kritis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal. |
14 | P4 | Mampu memahami konsep Pendidikan Teknik Informatika & Komputer, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah. |
15 | P5 | Mampu Memahami pengetahuan dasar manajemen pembelajaran, manajemen pendidikan, kewirausahaan, dan kemampuan komunikasi publik. |