Anda berada di halaman:

You’re reading:

Learning Outcomes – Bachelor of Physics Education

Learning Outcomes Program Studi Pendidikan Fisika terdiri dari empat aspek, yaitu Sikap (S), Keterampilan Umum (KU), Keterampilan Khusus (KK), dan Pengetahuan (P). CPL ini dibuat dengan merujuk pada Permendikbudristek No.53 tahun 2023, yaitu dengan memperhatikan:

  1. Visi dan misi UNPAR, visi dan misi FKIP UNPAR, serta visi dan misi program studi Pendidikan Fisika UNPAR;
  2. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6;
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, serta keterampilan abad 21;
  4. Kebutuhan kompetensi kerja dari dunia kerja;
  5. Ranah keilmuan program studi dari asosiasi Pendidikan Fisika (PSI);
  6. Kompetensi utama lulusan program studi; dan
  7. Kurikulum program studi sejenis.

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Pendidikan Fisika diuraikan pada tabel berikut ini.

CodeNoLearning Outcomes
Sikap (S)1Sikap (S)
Mampu mengamalkan spiritualitas dan nilai dasar Universitas Katolik Parahyangan (SINDU), iman kepada Tuhan, dan kesetiaan pada Pancasila (CPL 1)
2Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, kewirausahaan, secara bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan kelompok (CPL 2)
Kompetensi Umum (KU)1Mampu mengkomunikasikan gagasan-gagasan secara sistematis dan kreatif serta berkinerja baik secara mandiri maupun interdisiplin. (CPL 3)
2Mampu mengevaluasi karya ilmu pengetahuan dan seni secara interdisipliner berdasarkan kebenaran (verum), kebaikan (bonum), dan keindahan (pulchrum) (CPL 4)
3Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah ilmiah, serta mengelola pembelajaran mandiri, berkomunikasi efektif, dan mengambil keputusan jujur dalam konteks pekerjaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dengan memperhatikan nilai kemanusiaan dan etika ilmiah. (CPL 5)
Kompetensi Khusus (KK)1Mampu menerapkan konsep pedagogi, melaksanakan pembelajaran Fisika, serta mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip desain pembelajaran, karakteristik materi fisika, karakteristik siswa, dan perkembangan teknologi dengan melatihkan keterampilan abad 21  (CPL 6)
2Mampu menerapkan pemikiran kritis dan kreatif dalam mengembangkan strategi penyelesaian masalah secara efektif dalam pemahaman konsep fisika. (CPL 7)
3Mampu menggunakan keterampilan meneliti dalam mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika melalui penelitian (CPL 8)
4Mampu mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis terkait kelas, laboratorium fisika, dan lembaga pendidikan, dalam konteks penyelenggaraan pembelajaran maupun kewirausahaan berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di dalam dan/atau di luar bidang pendidikan baik secara mandiri maupun kolaboratif. CPL 9)
Pengetahuan (P)1Mampu menguasai pedagogi dan mengintegrasikan konten Fisika, Pedagogi dan Teknologi (TPACK) untuk pembelajaran fisika yang efektif secara kontekstual (CPL 10)
2Mampu menguasai konsep fisika dan sains secara komprehensif, mendalam, dan kreatif dengan memanfaatkan ilmu matematika (CPL 11)
3Mampu menerapkan metodologi penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika di sekolah dan menyelesaikan masalah di bidang pendidikan fisika. (CPL 12)
4Mampu menguasai teori bidang manajemen dan kewirausahaan terutama dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. (CPL 13)
Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika